Sabtu, 03 Agustus 2013

Konsep Dasar Geografi


Konsep Dasar Geografi adalah sekelompok fenomena atau gejala-gejala sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan berbagai gejala yang sama.Konsep Dasar Geografi atau Konsep Esensial Geografi dibagi menjadi 10 konsep yaitu :
  1. Konsep lokasi adalah letak dimuka bumi, konsep lokasi dibagi menjadi 2, yaitu :
    • Lokasi relatif, contoh indonesia terletak di antara benua asia dan benua australia.
    • Lokasi absolut adalah lokasi berdasarkan letak astronomi.
  2. Konsep Jarak adalah jarak dari suatu tempat ke tempat lain yang dapat mempengaruhi nilai suatu objek, contoh : tanah yang letaknya jauh dari jalan raya harganya akan lebih murah.
  3. Konsep Pola Berkaitan dengan fenomena geografi di permukaan bumi, contoh : pola sungai di daerah lipatan.
  4. Konsep morfologi berkaitan dengan bentuk muka bumi, contoh : daratan tinggi Bogor digunakan untuk perkebunan teh.
  5. Konsep aglomerasi adalah penyebaran yang bersifat mengelompok pada suatu wilayah, contoh : Orang Kalimantan mengelompok di aliran sungai.
  6. Konsep keterjangkauan berkaitan dengan kondisi permukaan bumi, contoh : suatu daerah yang letaknya dipegunungan akan sulit di tembus.
  7. Konsep Nilai Guna adalah kegunaan fenomena geografi dipermukaan bumi, contoh : laut lebih bermanfaat untuk nelayan dari pada untuk petani.
  8. Konsep interaksi adalah hubungan timbal balik antara dua wilayah atau lebih, contoh : desa menghasilkan barang baku, kemudian kota menghasilkan barang industri.
  9. Konsep diferensiasi area adalah perbedaan corak antar wilayah dipermukaan bumi, contoh : jenis tanaman yang dibudidayakan di suatu wilayah berbeda-beda.
  10. Konsep keterkaitan ruang adalah hubungan antara fenomena fisik dan non fisik, contoh : penduduk kota membutuhkan nasi dan desa membutuhkan barang barang produksi dari kota

4 komentar

hy sob,
berhenti sejenak buat nyimak ini nih,,,

kunjungan balik from: http://izat17.blogspot.com

tengkyu infonya..

tq kakak

makasih untuk infonya, tapi tugas ku tuh tentang keterkaitan antara konsep-konsep yang telah anda tulis di atas. di google tuh gak ada, dan pada akhirnya saya memutuskan untuk memakai logika saya... terhadap soal yg saya hadapi.. tapi sekali lagi. makasih buat infonya.