Jumat, 02 Agustus 2013

Perkembangan Ilmu Geografi


Oke, kali ini gue mau ngelanjutin Materi Pelajaran Geografi Kelas X IPS, sebelumya aku telah memposting tentang Pengertian Dasar Ilmu Geografi sekarang kita menuju penjelasan mengenai Perkembangan Ilmu Geografi. Oke inilah Materi Perkembangan Ilmu Geografi, lets study !!
Perkembangan Ilmu Geografi
  • Geografi pertama kali di temukan oleh Erastothenes dalam tulisanya yang berjudul Geografika
  • Bernadus Veranus pada abad pertengahan membagi geografi menjadi 2, yaitu :Geografi Generalis atau Geografi umum yang meliputi : litosfer, hidrosfer, atmosfer dan bentuk muka bumi.Geografi Spesialis atau Geografi khusus yang meliputi : masalah penduduk dan sosial.
  • Dalam perkembangannya muncul 2 pandangan, yaitu:
    1. Fisis Determinis Fisis Determinis berpandangan bahwa mahluk hidup di pengaruhi oleh alam.
    2. Posibilis Posibilis berpandangan bahwa manusia selain dipengaruhi oleh alam juga berperan terhadap alam sesuai dengan perkembangan budayanya.

12 komentar

Teringat mas sekolah dulu akan pelajaran Geografi, salah satu pelajaran favorit saya. Terima kasih telah berbagi..

Oke mas, terimakasih juga udah mampir ^-^

mantap..nice share broo

jadi tau gue sekarang

Lumayan nih untuk meng-refresh ingatan tentang pelajaran kelas X.

biar gue dulu anak IPA ,tp gue jg suka nih pelajaran bang hehehe :D
nice dahhh


kombek yeeee

mantep,, pelajaran kesukaan waktu SMA dulu ini :)

jadi inget jaman2 sma dulu geografi gurunya kiler,hee

Jadi Ingett Semasa smp kk Hehe
Nice Info dahh (Y)

kalo bisa dikasih pendapat pribadi jadi lebihi menarik
#saran

cie jadi guru ceritanya...

aih, dulu geografi gue paling rendah nilainya