Sabtu, 14 September 2013

Tips Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi


Bagi kamu-kamu yang lagi duduk di Kelas 12 seperti aku ini, pasti lagi galau-galaunya mau nerusin kemana setelah lulus nanti? (Ya.. Nggak?). Memilih jurusan kuliah emang bukan urusan yg mudah dan bukan persoalan yang sepele. Bakalan banyak variable-variable yang harus kita perhitungkan dan kita pikirkan matang-matang. Jika lu memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek, hasil akhirnya bakal berakibat fatal nyet!!!

Maka dari itu pemilihan jurusan kuliah, harus segera kita pertimbangkan sebelum kita menggadapi UN. Salah pilih jurusan dapat menjadi bencana dan kerugian yang besar bagi diri lu di masa depan.

Oleh karena itu, aku punya beberapa tips untuk memilih jurusan, yang udah aku dapatkan dari berbagai sumber, mulai dari sodara, temen dan media* lain.

Cara memilih jurusan di Perguruan Tinggi yang baik:

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat
Kamu pasti punya cita-cita ato impian kan? kalo nggak punya aku saranin nggak usah terusin baca, bakalan sia-sia Nyet!!
Namun bagi kamu-kamu yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawamu ke profesi atau pekerjaan yang kamu cita-citakan.
Misal: Jangan sampai kamu memilih jurusan teknik elektro jika lu pingin jadi seorang dokter ahli kandungan dan jangan pula lu memilih jurusan sastra jawa jika bercita-cita menjadi polisi. Namun jika lu keras kepala milih jurusan tersebut berarti lu *payah

Sesuaikan jurusan yang ingin kamu ambil dengan minat dan bakat.
Misal: Jika tidak menyukai hitung-hitungan jangan sampai kamu mengambil jurusan matematika dan jika tidak  suka menggambar jangan mengambil jurusan teknik sipil ato pun arsitektur. 
Kemudian lihat bakat yang kamu punya saat ini. Bagi kamu golongan orang-orang yang bakatnya sudah tampak saya rasa bakal lebih mudah milih jurusan, di banding orang-orang dengan bakat terpencar. 

2. Informasi yang Sempurna
Carilah informasi  sebanyak-banyaknya sebagai bahan pertimbanganmu untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber, mulai dari orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, tetangga, kakak kelas, teman mahasiswa, dll. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi alias #soktau
Internet atau tepatnya di SosMed juga merupakan media yang tepat, bebas dan gratis untuk bertanya mengenai jurusan2. Cari grup2 di facebook yang kusus membahas hal hal seputar perguruan tinggi, ataupun melalui akun akun resmi PTN/PTS

3. Lokasi dan Biaya
Bagi kamu-kamu yang hidup dalam ekonomi kelas KAKAP (atas), memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya kuliah yang nantinya harus ditanggung bakalan diselesaikan dengan mudah, baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya. Namun bagi masyarakat golongan kelas TERI (menengah-kebawah), lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan.

Jika keuangan terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang murah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan nggak terlalu tinggi. Namun jika dana yang ada belum mencukupi, maka  lu bisa mengatasinya dengan mencari beasiswa, atau mungkin pekerjaan paruh waktu atau bahkan cari sponsor, pokoknya segala hal yang bisa buat lu  mencukupi kebutuhan asalkan uang yang lu peroleh itu halal dan bukan dari hasil tindak kriminal.. Jangan jadikan pula Faktor Marteril sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan lu Nyett!!.

4. Daya Tampung Jurusan  alias Peluang Diterima
Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS. Pada umumnya jurusan favorit kaya Jurusan Manajemen bakaln diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri lu dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Kamu bisa galo berkepanjangan jika kehendak lu nggak terpenuhi. Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya.

Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit.  jika kamu nggak ada persiapkan dan perhitungkan  dengan memelajari soal-soal seleksi dan ikut ujian try out sebagai percobaan lu dalam mengukur kemampuan yang kamu miliki.

Namun jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat  dari percobaan / hasil TO *karena nilai bukanlah segalanya.

5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan
Liatlah ke depan setelah lulus nanti. Apakah jurusan yang lu ambil nanti dapat mengantarmu untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Saat ini banyak jurusan-jurusan yang lulusannya menganggur nggak bekerja. Nggak hanya orang dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi, karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja kagak lagi melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, namun juga pengalaman. Tetapi, jika kompetensi, keberanian dan kemampuan lu jauh dari orang-orang normal, maka jurusan apapun yang lu ambil sah-sah saja.

Saran gue : Biarkanlah hati dan akal sehat lu bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Jangan lupa Konsultasikan dengan orang tua dan orang lain yang anda percayai, serta perbanyaklah doa kepada Allah SWT. Selamat berjuang kawan-kawan!!! dan doakan aku, dirimu, dia dan mereka agar dapat memilih jurusan yang membawa kepada karir masa depan yang baik.
Lokasi: Blora, Central Java, Indonesia

5 komentar

benar2 harus dipertimbangkan agar tidak menyesal.

ijin nyimak gan visit back http://riosankazi.blogspot.com/2013/09/smartfren-windows-phone-ascend-w1.html?showComment=1379771199538#c5097411756824496610

bagus
comment yg nie uga y
dwiprastyoapregema.blogspot.com/2013/09/konsep-mol.html?m=1#comment-form

assalamu'alaykum kak
saya mau tanya+curhat boleh kak? hehe
saya siswi kelas 3 SMA yang lagi galau2nya nih kak :(
kak, saya pgn lanjut PWK UGM (aamiin). saya waktu itu udh yakin banget kak, orangtua udah dukung, ngizinin dan udah ngedoain kak
tapi akhir2 ini saya jadi ngerasa takut kak, jadi down, karena saya makin sadar kalo eksak saya gak begitu kuat kak. tapi saya pengen banget lanjut PWK kak, kalo saya disuruh milih yang lain, saya gak tau harus milih apa kak. saya pgn lanjut PWK karena saya inget quote John F. Kennedy "Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu!" kak.
jadi menurut kakak, apa yang harus saya lakukan kak? saya harap kakak baca, hehe mksh kak:)