Selasa, 05 November 2013

Review Jurusan Ilmu Hukum

Tadi udah membahas tentang Jurusan Manajeman dan Jurusan Perencanaan wilaha dan Kota
Lanjut lagi saya mau membahas tentang Jurusan Hukum . Hukum merupakan peraturan atau adat yg secara resmi dianggap mengikat, yg dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah


Menurutmu akan jadi apa lulusan Jurusan Hukum. Pasti banyak yang njawab jadi pengacara. padahal tidak semua lulusan hukum bekerja sebagai pengacara. organisasi2, mulai dari perusahaan akuntansi dan departemen pemerintahan hingga bank dan usaha2 besar menghargai ketrampilan lulusan hukum. 

Bagi yang ingin terjun ke dunia hukum, bisa memilih pekerjaan sebagai jaksa, hakim atau juga pengacara. Bagi yang ingin masuk ke dunia bisnis, bisa menjadi seorang ahli hukum di perusahaan2 seperti mengurusi masalah perjanjian antar lembaga. Bagi yang ingin mandiri pun bisa memilih menjadi seorang notaris. tp harus menyelesaikan pendidikan khusus kenotariatan (S2 Kenotarisan). 

Ada banyak lapangan kerja selain yg disebutin misalnya jurusita, konsultan, mediator, polisi, peneliti, panitera pengadilan, PNS dll. 

Apakah  Jurusan Hukum  = menghafal pasal? 
Jurusan Hukum itu yg paling penting bkn menghapal pasal, memang untuk beberapa mata kuliah ada yg hrs menghafal. tapi yang paling penting di jurusan #hukum adalah kita diajari cara berpikir dengan logika yang benar dan tepat. logika yg benar dan tepat ini kemudian sangat diperlukan untuk mengimplementasikan hukum /perundang–undangan. 

Kegiatan belajar di Jurusan Hukum berupa tatap muka, kuliah umum, praktek, ada juga simulasi sidang. Pada semester awal akan diajarkan dasar2 hukum scr umum, kemudian bs memilih konsentrasi pd salah satu minat studi yg tersedia, 

Contohnya di #hukum UI, terbagi dalam 7 konsentrasi.
1.     Hukum Perdata
2.     Hukum Pidana
3.     Hukum Acara
4.     Hukum Tentang Kegiatan Ekonomi
5.     Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara
6.     Hukum Internasional
7.     Hukum Kemasyarakatan

Di kampus lain bs jd hanya penamaannya saja yg berbeda, bs jd ada yg digabung atau justru dipisah pd satu bidang hukum. 

Hukum #Perdata: mempelajari hal yg berhubungan dgn hubungan antara manusia. hukum jual beli, hukum perkawinan, dll. Sedangkan hukum #perdata yg diatur hanyalah hubungan antara satu orang dengan orang lain, atau satu orang dengan pihak lain.

2 komentar

.. wah mantep nih artikelnya "Review jurusan hukum" thanks udah share gan.........

mantap informasinya, sangat membantu.

www.kiostiket.com