Sabtu, 02 November 2013

Review Jurusan Hubungan Internasional

Kali ini saya mau berbagi Review Jurusan Hubungan Internasional yang saya rangkum kembali dari @info_SNMPTN. berikut ini reviewnya.



Pertama Apa sih Hubungan Internasional Itu ? #Hubungan Internasional adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari fenomena interaksi diantara aktor2 hubungan internasional. Aktor disini bukan hanya negara lo, tapi juga bisa non-negara misal organisasi internasional, perusahaan multinasional, dll

Lanjut lagi : Apa aja sih yang dipelajari di #Hubungan Internasional? yang dipelajari di #Hubungan Internasional antara lain Ekonomi, politik, hukum, Perjanjian Internasional dll.. Sama bahasa inggris, Jerman, Korea dll..

Karena  #Hubungan Internasional merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, maka HI juga mempelajari politik dan sosiologi dari perspektif  Hubungan Internasional. Selain itu, di #Hubungan Internasional  kita juga akan belajar gimana sih berdiplomasi dan bernegosiasi dengan baik dan benar, karena memang itulah tujuannya. beberapa mata kuliah inti di #Hubungan Internasional antara lain pengantar HI, bisnis internasional, hukum internasional, politik luar negeri, pkn dll.


#Hubungan Internasional juga mempelajari bahasa atau juga budaya negara lain. Misal prancis, arab, mandarin, dll tergantung kampusnya. di #Hubungan Internasional akan membuat lulusannya semakin talk active, bijak membuat keputusan, kritis dengan isu2 internasional dan pintar berdiplomasi.

Then, gimana setelah lulus #Hubungan Internasional? Kerja apa? Kerja dimana?
Banyak orang bilang, bahwa setelah lulus dari #Hubungan Internasional, satu-satunya pekerjaan yang tepat adalah duta besar/diplomat. Ga salah sih, soalnya memang salah satu kompetensi utama #Hubungan Internasional adalah kesitu. Tapi ga itu aja lho!

Selain jadi Diplomat, kompetensi utama lulusan #Hubungan Internasional adalah jg Internasional Officer. Instansinya antara lain Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, Atase (Ahli yg diperbantukan pada kedutaan untuk mewakili/ngurus bidang tertentu. Ex atase militer) , INGO (int'l non-govermental org).