Rabu, 06 November 2013

Review Jurusan Teknik Sipil

Masih nyimak Blog saya? atau malah baru nyimak? Yuk mulai dari sekarang simak terus ya! Menanggapi reQues salah satu temen saya yang dari ipa buat membahas tentang Jurusan Teknik, Kali ini saya mau membahas Teknik Sipil *disambi makan mie instan* ._.



Seperti biasa, Apa itu Teknik Sipil? Teknik Sipil adalah ilmu keteknikan/rekayasa yang berkaitan dengan perencanaan, konstruksi, dan perawatan struktur tertentu, serta merenovasi. Domainnya ga hanya bangunan dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Peran ahli Teknik Sipil masih berlaku walaupun fase pembangunan sebuah gedung telah selesai, seperti pemeliharaan fasilitas gedung.

Nah apa aja yang dipelajari di Teknik Sipill? Fisika dan Kimia Dasar. pada umumnya akan diberikan di tahun pertama untuk jurusan teknik. Matematika. Levelnya lebih tinggi dari Matematika SMA yang salah satu yang cukup populer adalah Kalkulus. Materi kuliah umum yang tidak ada hubungan langsung dengan Teknik, misalnya Bahasa dan Menulis, Agama, Etika dll. Materi umum porsinya ga lebih dari sekitar 15%, sisanya adalah materi2 teknik sipil yang "sangat menyenangkan" *senyum sinis* . Materi teknik sipil mulai dari material konstruksi, hitung2an STRUKTUR, jenis2 konstruksi, pembebanan, analisa dan desain, dll

Mekanika Teknik/mekanika rekayasa/analisa struktur merupakan bidang ilmu utama yang dipelajari di ilmu teknik sipil. dewanya teknik sipil. Pokok utama dari ilmu tersebut adalah mempelajari perilaku struktur terhadap beban yang bekerja padanya. Yang berhubungan dengan AIR... ada hidrolika, hidrologi, irigasi, bendungan, drainase kota, dll. Yang berhubungan dengan TANAH... belajar tentang perilaku tanah, sifat-sifat tanah, pondasi, dll. Yang berhubungan dengan TRANSPORTASI,... belajar mendesain bandar udara, pelabuhan/dermaga, geometri jalan raya, lalu lintas, dll. Yang berhubungan dengan MANAJEMEN... misalnya manajemen konstruksi, ekonomi, dll. Cocok buat calon2 manajer proyek/perusahaan konstruksi.

Atau materi penunjang lain, misalnya menggambar, bahasa pemrograman komputer, software, menulis ilmiah, dll. Dan...semua materi-materi di atas, ada praktikumnya... Jadi tidak hanya tau teori, tapi juga dasar-dasar penerapannya seperti apa. 

Nah apa nih beda Teknik Sipil dan Arsitektur? Kalo arsitektur : style nya apa ya? modern minimalis, western, tradisional, ato yang lain? ntar kira2 bentuk atapnya gimana? pintunya? Kalo Teknik Sipil : pake bahan apa? kekuatannya? biayanya? rangkanya? Jadi ngga tabrakan nih kerjanya. Keduanya saling mendukung satu sama lain. 

Jenis-jenis pekerjaan yang merupakan peluang pasar kerja lulusan Teknik Sipil antara lain adalah:

Bidang Pembangunan Infrastruktur. sebagai konsultan atau sebagai kontraktor yang bertanggung jawab melaksanakan pembangunan
Bidang Pemerintahan. A.l di Departemen dan Dinas PU, PMU-Bina Marga, Departemen ESDM, Dinas Tata Kota & Pertamanan di Tiap Propinsi dll
Bidang Industri Energi, Pertambangan dan Pengolahan. Sebagai staf / manager pemasaran, Manager dan CEO, Quality Auditor dan Quality Assurance
Bidang Pendidikan. menjadi pengajar/peneliti di perguruan tinggi/lembaga pendidikan atau di pusat-pusat penelitian.

Daftar PTN yang terdapat Teknik Sipil antara lain: ITB, UGM, UI, UNHAS, UNDIP, UNS, UNSRI, USU, ITS dll. Kalo PTS yang udah akreditasi A di sipilnya antara lain Atmajaya, UII, Trisakti, UNPAR, Univ Islam Sultan Agung, UNTAR. 

9 komentar

Kalo anak IPS bisa kah ke Teknik gan?

bisa sih, kalo SBMPTN ambil IPC tapi taruhannya harus belajar mapel IPS dan IPA? sanggup? Kalo menurut saya yang anak IPS ambil aja IPS, jangan ambil IPC..

sip2, makasih gan

oh begitu ya.. thanka udah share
salam

kalo Anak Ips cuman Ngincernya Manajemen Konstruksinya gmn? apa harus belajarnya ipa dan ips?

nice share gan...
klo ingin nambah2 ilmu perteknik sipilan
silakan ke sini gan

http://teknikspil-pro.blogspot.com/

nice share gan...
klo ingin nambah2 ilmu perteknik sipilan
silakan ke sini gan

http://teknikspil-pro.blogspot.com/

nice share gan...
klo ingin nambah2 ilmu perteknik sipilan
silakan ke sini gan

http://teknikspil-pro.blogspot.com/

nice share gan...
klo ingin nambah2 ilmu perteknik sipilan
silakan ke sini gan

http://teknikspil-pro.blogspot.com/