Jumat, 15 November 2013

Apa itu Cinta?

Perkembangan teknologi dan sosial budaya membuat istilah-istilah dalam dunia percintaan smakin berkembang.

Apa yang bakalan gue bahas disini adalah sedikit dari istilah dunia percintaan jaman sekarang yang menyebabkan malam minggu terkadang kelabu,dan para jomblo hanya bisa duduk termangu dan berharap selalu hujan dimalam minggu sebagai hukuman buat para pasangan diluar sana yang asyik pacaran mesra tak tahu waktu...

Istilah berikut ini bisa kalian sangkutin sama istilah gue di notes sebelumnya, yaitu "Jomblo Terbuka". Mungkin istilah ini agak alay, rancu dalam penjelasan dan menguras hati dalam perasaan.

Tapi inilah realita percintaan saat ini. Istilah muncul dari perasaan orang-orang yang ga tau mesti ngomong apalagi, akhirnya tercurahlah di istilah ini.

Berikut istilah-istilah yang mungkin lo semua uda pernah ngalamin :

1. PHP (Pemberi Harapan Palsu)
Istilah ini merujuk pada seseorang yang berharap pada orang yang dicintain,namun sayang cinta bertepuk sebelah tangan.

Begini penjelasannya, sebut saja pelaku tindak percintaan ini Galih & Ratna (bukan lagu or film yah). Galih naksir Ratna,dan melakukan pendekatan intens. Ratna juga merespon,diajak jalan ayo,di bbm bales,di telpon pun bisa ngobrol lama. Namun ternyata oh ternyata Ratna tiba2 jadian ama cowok laen. Dan disinilah Galih menjadi korban PHP Ratna. Ratna seolah-olah memberi harapan sama Galih kalo dy suka n bakalan jadian,tapi ternyata semua itu palsu. So, Ratna memberi harapan palsu sama Galih (keadaan bisa terbalik yah,cewek juga ada yang jadi korban PHP cowok)

Banyak temen gue bilang,ini adalah tindakan kejam terhadap perasaan seseorang. Karena dengan sengaja menuntun orang laen ke "gray" area,kelihatannya mau,tapi ternyata enggak. Nyeseknya itu ngalah2in orang kena asma, itu tuh nyesekk beudd taukk...

2. HTS (Hubungan Tanpa Status)
Dari judulnya aja uda jelas. TANPA status, entah itu pacaran, gebetan, or mantan. Yang jelas ga ada status diantara kedua pihak ini.

HTS ini sama kayak di gantung kepastiannya. Jadi nggak jelas statusnya apa, ga ada kepastian diantara keduanya. Padahal sama-sama demen,tapi pada ga mau komitmen.

Hari gini di gantung?
Di Indonesia  aja enggak ada hukuman gantung. Adanya juga hukum tembak or penjara seumur hidup.
Masa masih mau aja sih di gantungin tanpa kejelasan pasti?

Kalo kalian mau sabar ya udah sabar aja! Sabarnya sampe kapan? Ya sabar ajah!!

Cinta butuh ketegasan n pengakuan sodara2. Karna itulah orang nikahan ngadain resepsi,biar diakuin smua orang klo mreka uda nikah sah. Smua akan berasa lancar kalo ada pengakuan internal n eksternal,ya ga?

3. TTM (Teman Tapi Mesra)
Kalo kata temen kantor gue sih status ini dia bilang "Friends With Benefits". Artinya ada salah satu pihak yang mengambil manfaat dari yang lain. Atau mungkin keduanya saling memanfaatkan.

Beda lagi menurut temen kosan gue, dy bilang klo TTM ni merujuk pada kegiatan negatif yang dijadikan pembenaran atau cuman kedok buat nutupin tindakan negatifnya.

Dy nyontohin begini,TTM itu lebih enak buat have fun,ga ada ikatan,ga ada komitmen,bebas. Bebas melakukan kegiatan di mall, kampus atau bahkan hotel. Yah intinya banyak negatifnya lah. Kemungkinan kecil ada pihak yg nyatain cintanya,karena orientasi awalnya adalah have fun,jadi ya ga bawa perasaan.

Tapi ada juga yang bilang gini kalo TTM itu masih ada sedikit pengakuan daripada HTS. Karena dari kedua belah pihak masih sama-sama mengakui.
Misalkan lo mau jalan sama TTMan lo, trs di tanya sama temen lo.
"Malam minggu lo kemana?"
"Jalan sama TTMan gue dong."
"Ooo kirain nangkepin cicek dirumah"

Coba kalo lo bilang gini
"Malam minggu lo kemana?"
"Malem minggu gue mau jalan nih sama HTSan gue."
Kalo lo sampe ga diceramahin, diledekin, or ditimpuk sepatu bolong ama temen lo itu ga usah makan nasi lagi,kenyot aja kabel rice cookernya. Soalnya ga ada yg mau ngakuin klo orang sedang menjalani HTS.

4. Backstreet (Bukan nama boyband)
Gue ga jago English,tapi artinya mungkin begini, back = belakang, street = jalan, jadi artinya backstreet = belakang jalan (perasaan belakang jalan adanya selokan deh? Cinta dan selokan,hmm.. Apa hubungannya yah?)

Karna gue bingung bertanyalah gue ke satpam belakang komplek (rumornya dia ahli nangkep maling di belakang jalan). Gue anggep dia spesialis belakang jalan lah ya,punya pangkat lagi,so pasti kredibel donk buat narasumber tentang backstreet ini.

Nah menurut Uncle SAM (Om SAtpaM, maunya dipanggil gitu). Backstreet adalah menjalin hubungan asmara secara sembunyi-sembunyi. Bisa jadi karena ada beberapa pihak yang kurang setuju dengan terjalinnya dua insan yang sedang kasmaran ini. Kebanyakan kasus katanya itu karena ada pihak keluarga yang ga setuju,bisa orang tua or sodara.

Alhasil kedua insan ini berusaha menutup-nutupi kalo mereka saling merenda kasih. Kalo pacaran ditempat yang ga diketahui keluarga, jalan di tempat yang ga rame,takut ketauan orang. Bahkan mungkin beduaan di kuburan,sambil ngeliatin para penghuni alam bawah keluar sambil angkat tangan keatas, gara-gara didalem sinyalnya lemah,nah lho...

Intinya adalah mereka selalu bersembunyi dari radar orang2 yang ga suka mreka deket. Bahkan musuh pun bisa ikut terlibat lho.

(Maaf jari gue kram,jadi susah untuk lanjutin nulis. Untuk status seperti CLBK, Cinlok, Secret Admirer, Cem2an, Kakak Adekan, akan diulas dikemudian hari,itu juga kalo kalian pada mau baca kelanjutannya..)

Dear friends, pesan yang pengen gue sampein adalah bahwa segala sesuatu jangan dibikin ribet,ketegasan yang elegan adalah kunci keberhasilan sebuah hubungan.

Menghormati dengan memuliakan orang yang kalian sayangi adalah bentuk kasih yang dalam. Kalo cinta,ungkapin. Kalo sayang, tunjukin.

Udah saatnya kita move on untuk melakukan hal-hal yang lebih bernilai untuk orang lain. Jangan habisin waktu untuk hal-hal yang sebenarnya pemecahannya ada didepan mata, keberanian selalu ada hasilnya,percaya deh.

Apapun hubungan kalian,yang terpenting adalah apa yang kalian rasakan. Jika orang lain tak mengerti,beri pengertian! Tunjukkan keseriusan bahwa kalian layak dapet pengakuan n dukungan mereka!

Ini bukan hanya soal gejolak cinta kawula muda. Tapi ni juga soal mindset generasi muda,budaya yang akan mengakar. Yang nanti akan membawa perubahan bagi bangsanya.

Cinta adalah awal dan cinta adalah hasil!

Salam cinta untuk kita semua... Cup... cup... emuwah... emuwah... #basah #kemudianhening

Spoiler for source >>
Ditulis oleh @poengkyy seorang jomblo yang ingin menjadi playboy profesional http://www.youngontop.com/notes/apa-itu-cinta-qho7jble

4 komentar

Cinta membuat saya selalu galau dan gelisah. ^^

bener banget bikin pusing juga