Minggu, 04 Agustus 2013

Pengertian Pengindraan Jauh (Indraja)


Kali ini saya mau posting tentang Materi Pelajaran Geografi Kelas XII BAB 3 Pengindraan Jauh, itung itung sambil ngerjain THR alias Tugas Hari Raya yang ada kaitannya dengan Pengindraan Jauh atau disingkat Indraja. Oke silahkan disimak baik baik ya :*

Pengertian Pengindraan Jauh Menurut Para Pakar dan Secara Umum
  • Menurut Lillesand and Keifer (1979) Pengindraan jauh (remote sensing) adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah, atau fenomena dengan jalan analisis data yang diperoleh melalui alat perekam (sensor) yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantaranya tanpa menyentuh objek tersebut.
  • Menurut Lindgren (1985) Pengindraan jauh yaitu berbagai teknik yang dikembangkan untuk perolehan dan analisis informasi tentang bumi. Informasi tersebut khusus berbentuk radiasi elektromagnetik yang dipantulkan atau di pancarkan dari permukaan bumi.
  • Menurut Curran (1985) Pengindraan jauh adalah penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat di interpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.
  • Secara Umum Pengindraan Jauh adalah ilmu, teknik, dan seni yang digunakan untuk memperoleh suatu informasi tentang objek, wilayah dan gejala di atas permukaan bumi dengan cara menganalisa dengan menggunakan alat tanpa kotak langsung (sensor).
Itulah sediki penjelasan mengenai Pengertian Pengindraan Jauh atau Indraja

18 komentar

harus dicatet tuh :)
mampir back ya gan..

Oh ternyata penginderaan jauh seperti itu ya maksudnya. Saya malah baru tahu tentang inderaja. Thanks kawan. Nice share aja dech :)

thanks sob atas pengertiaanya :)

hahah ntar ane kuasai tuh teknik pengindraan jarak jauhnya :D

Bener2 blog anak IPS.. isinya tentang ips smua :).. Cukup menambah ilmu pengetahuan juga :D hehe..

keren gan :D infonya baru tau

oke, gan mudah mudahan agan bisa cepet cepet menguasain tuh teknik

sama, ane juga baru tahu setelah di beri tugas ibu Guru hehehe

pinteer banget nie !! gue baru tahu kata itu !! asng banget didengar !!

saya juga baru tahu setelah baca ini

Semacam alat pengukur aktifitas vulkanis gitu ya?

Mampir balik ke blogku yaa ^^