Jumat, 02 Agustus 2013

Pengertian Dasar Ilmu Geografi


Udah lama banget nggak posting Materi Pelajaran, kali ini gue mau mosting tentang Materi Geografi Bab 1 Kelas X yaitu tentang Ilmu Geografi, tapi yang ini baru Pengertian Dasar Ilmu Geografi yang lainya bakal nyusul, itung itung blogging sambil belajar :D, soalnya gue udah kelas XII udah mau Ujian :(, oke tanpa basa basi simak dan pelajari baik baik ya :*

Pengertian Dasar Ilmu Geografi Menurut Mara Pakar Geografi dan Secara Umum
  1. Secara EtimologiSecara etimologi atau sudut pandang tata bahasa, Geografi berasal dari Bahasa Yunani yakni Geography. Geography terdiri dari 2 suku kata yaitu ''Geo'' yang berarti Bumi dan ''Graphilin'' yang berarti tulisan. Jadi secara etimologi, Geography adalah tulisan tentang bumi.
  2. Menurut ErastothenesGeografi adalah ilmu yang menceritakan kesan kesan penjelajahan dari berbagai penjuru bumi tanpa memperhatikan ketepatan letaknya di muka bumi.
  3. Menurut Cladius Ptolomaeus (Abad 2)Geografi adalah suatu penyajian dengan peta dari sebagian permukaan bumi yang menunjukkan kenampakan secara umun.
  4. Menurut Bernadus Veranus (1622-1650)Menurut Bernadus Veranus, Geografi terbagi menjadi 2, yaitu :Geografi Umum:Mencoba menelaah bumi secara umum yang berkaitan dengan gejala atau fenomena alamiah di permukaan bumi. Contoh : Gunung meletus, terbentuknya daratan tinggi, laut dan lain lain.Geografi Spesialis:Mempelajari masalah masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial kebudayaan di permukaan bumi. Contoh : bahasa, kesenian, pembentukan negara, dll.
  5. Menurut Teori Evolusi (Aliran DarwinismeMenurut teori evolusi ini berpendapat tentang geografi dibagi menjadi 4 konsep yaitu :
    • Perubahan dari waktu ke waktu
    • Perjuangan dan seleksi
    • Keragaman / karakter divariasi alam
    • Organisasi
  6. Menurut N. DaljuniGeografi adalah ilmu yang mengajarkan manusia dalam ruang, yang meliputi : luar angkasa, ekologi, dan wilayah
  7. Menurut Seminar dan Workshop IGI (Ikatan Geografi Indonesia)Ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan geosfer dan interaksi antara manusia dengan lingkunganya dari sudut pandang kewilayahan di dalam konteks keruangan.

8 komentar

makasih buat infonya ya gan :D bermanfaat bgt

Oke sob, sama sama ^-^

walau saya dulu anak IPA, tapi saya selalu suka geografi. sampai sekarang, saya menyukai geografi, lalu mengaplikasikannya. hehe

oia, saya juga suka sejarah :D

wah hebat banget kak, saya salut banget ^-^

Wah ,ane pusing dah, untung ane anak RPL hehe, nice info gan....

selamat hari raya idul fitri
taqoballahu minna waminkum
taqobal yaakarim
minal aizdin walfa'izdin
mohon maaf lahir dan batin

Semoga sukses gan kunjungi balik ya