Senin, 07 Desember 2015

Alasan Kenapa Harus Terus Belajar Sejarah

Semasa sekolah sejarah adalah salah satu mata pelajaran paling penting tapi paling kurang diminati orang-orang. Ngeliat bukunya juga maleees banget rasanya. Lihat aja tuh rak toko buku. Buku sejarah mah apaan kagak ada laris-larisnya.

Padahal asalkan kalian tahu, dengan belajar sejarah kamu bisa jadi manusia yang super duper keren. Ya sebut saja Ir. Soekarno, beliau itu sangat cinta sejarah loh, tahu kan kata-kata beliau "Jangan sekali-kali melupakan sejarah". Nah Proklamator aja udah nyuruh jangan pernah meninggalkan sejarah. Ditambah lagi sejarah itu menyimpan banyak misteri. Dan biasanya faktanya gak langsung terkumpul semua. Jadi, dengan terus mempelajari sejarah, kamu juga bisa jadi berkembang jadi orang yang lebih baik.

Mau tahu apa alasan orang-orang harus terus mempelajari Sejarah?
Ya kalo aku sih karena...

Sejarah yang Diajarkan Di Sekolah Belum Tentu Bener

Merasa udah tahu banyak tentang sejarah? Ya dulu pikirku emang kayak gitu. Tapi pikir lagi. Sejarah yang ada di sekolah, kebanyakan, ditulis oleh "penulis" eh  "pemenang" maksudnya. Jadi ada kemungkinan, ya ada kemungkinan sejarahnya dibongkekin agar "pemenang" terlihat baik dan patriotik.

Selain itu, sejarah yang ada di buku sekolah kebanyakan gak ditampilin lengkap. Bisa karena memang bagian dari propaganda, atao mungkin gak muat kalo diceritain di buku ataupun gak pengen diceritain secara detil.

Maka dari itu, penting buat kamu belajar dari banyak buku, kalo bisa yang ditulis oleh siapapun. Pro ataupun kontra. Positif ataupun negatif. Jadi, kamu bisa menentukan sendiri apa yang benar dan salah.

Mengenal Sejarah Menguasai Dunia

Orang yang tahu sejarah itu bisa menguasai dunia! Apalagi kalo kamu belajar sejarahnya bener-bener, bukan setengah-setengah. Kamu bisa punya pengetahuan untuk naklukin orang. Soalnya ada pepatah "Lebih baik belajar dari kesalahan" dan sebagian besar cerita di sejarah adalah cerita kegagalan.

Tahu Asal Kamu

Pernah mikir gak kenapa kamu tinggalnya di Indonesia? Kenapa Indonesia itu jadi negara yang kayak gini? Kalo kamu belajar sejarah, pasti kamu akan sadar kenapa hal-hal ini begini dan hal-hal itu begitu.

Kamu juga bisa mempelajari kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia. Karena semuanya ada sebabnya. Dan satu satunya mengetahui penyebabnya adalah dengan belajar sejarah.

Banyak Fakta Unik Yang Gak Disangka-Sangka

Kalo kamu pengen belajar sejarah kamu harus rajin baca buku, salah satu buku yang recomended adalah buku "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat"

Nah di buku ini ada banyak fakta fakta yang nggak disangka-sangka tentang Ir. Soekarno seperti Orang yang disukai sekaligus dicium pertama kali oleh Soekarno adalah bernama Rika Meelhuysen,  seorang gadis Belanda. Dan gregetnya itu terjadi pada saat Soekarno muda berumur 14 tahun.


Seru Ceritanya

Masih ngelanjutin dari buku "Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat", sejarah punya banyak sekali cerita-cerita seru yang gak kalah dengan film-film Hollywood. Banyak hal yang terjadi di dunia ini didasari sama cerita-cerita yang luar biasa. Entah itu peperangan, penemuan, konspirasi dan lain-lain. Romansa cinta, thriller, horror, ada semua lengkap dan gak mengada-ngada.

Jago Ngeramal

Di level expert setelah belajar sejarah kamu bakal jago ngeramal. karena pada dasarnya sejarah merupakan suatu siklus yang bakal terulang lagi, lagi dan lagi.

Coba deh kamu baca lagi poin-poin di atas. Dengan menguasai sejarah kamu bisa jadi manusia! Eh, bukan cuma sekedar manusia, tapi manusia  super dengan kekuatan khusus, yaitu kekuatan membaca. Kamu bisa jadi pencerita yang keren, kamu bisa jadi orang yang adil, kamu bisa punya celetukan-celetukan yang gak terpikirkan. Semua karena belajar sejarah. Yak, belum terlambat untuk belajar sejarah!

1 komentar

Juga karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu menghargai sejarahnya...