Rabu, 06 November 2013

Review Jurusan Ilmu Politik

Mari dibahas Jurusan Ilmu Politik !!! *Ye. Sebelumnya Apa itu Ilmu politik itu? Ilmu politik: cabang ilmu sosial yg membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisis sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.

Ilmu politik masuk FISIP (fakultas ilmu sosial dan ilmu politik), atau kalo di UGM namanya FISIPOL. Di UGM ga ada S1 Ilmu politik, adanya S1 politik dan pemerintahan. Tapi S2 dan S3 ada Ilmu Politik. Di beberapa kampus ilmu politik dan ilmu pemerintah menjadi prodi tersendiri. Apa beda keduanya?

Kalo Ilmu pemerintahan: ilmu yg mengatur ttg pelaksanaan tugas antara pemerintah dan masyarakat yang tertera pada peraturan/perundang2an.

Lulusan S1 Ilmu Politik bergelar Sarjana Ilmu Politik (S.IP). Mata Kuliah umum kayak agama, b.ing, pkn, dll pasti dapet. Selain itu matkul2 yg berhubungan langsung antara lain: pengantar ilmu politik, politik indonesia, Perilaku politik, dasar ilmu pemerintahan, politik ekonomi, politik di kota/desa, dll pokoknya aspek2 kehidupan dari sudut pandang politik. Dapet juga sosiologi, antropologi, manajemen, komunikasi juga, buat yg pengen kerja di media/jurnalis tentang politik. Tiap kampus beda2.

Prospek kerja Ilmu Politik antara lain di Departeman dalam negri, sekretariat negara /DPR/MPR, Pemda, Departemen pertahanan, LIPI, Universitas, Kedutaan asing, BUMN, NGO/LSM lokal, Nasional, Internasional , lembaga riset, lembaga survei bisa jugaa ⌣̈

Untuk jelasin lapangan kerjanya, sekalian digabung dengan peminatannya aja ya! Tiap kampus peminatannya beda2. Dan bukan berarti kalo kerja harus sesuai peminatan ya.
Contoh ilmu politik di Universitas Bakrie: Tata Pemerintahan (Governance), Kajian Internasional (International Studies), dan Sistem dan Perilaku Politik
Kalo di Universitas Brawijaya governance sama metode ilmu politik. Untuk penjelasannya simak lebih lanjut

  1. Tata Pemerintahan (Governance): tentang tata pemerintahan secara utuh, mulai dari karakter dan sistemnya. Lapangan kerja antara lain: di pns, parpol, tim sukses, kpu, bawaslu, konsultan politik, DPR, DPD, Media Massa, dll.
  2. Kajian Internasional (International Studies): Kemampuan memahami dinamika global secara sistematis. Lapangan kerjanya: diplomat di kemenlu, konsultan, liaison officer, pemda, mass media, dll. 
  3. Sistem dan Perilaku Politik (Political System and Political Behavior): Kemampuan memahami dinamika politik secara lebih mendalam. Lapangan kerjanya: parpol, konsultan, campaign manajer, mass media, analis politik, dll.

PTN yang ada Ilmu Politik-nya dan sudah akreditasi A antara lain: UI, UNAIR, UNHAS, UIN Jakarta, UNSOED. Kalo PTS ada UNAS, IISIP, IIP, dll.

5 komentar

Oke gan terimakasih udah mau berkunjung

terima kasih infonya, bravo politik.

www.kiostiket.com

Permisi.
Untuk Kuliah politik jenjangnya gimana ya?
Terimakasih. :)

I belong here :D
Berpolitik itu seru ...

http://www.viapedo.com